Sabtu, 20 Oktober 2012

Perkembangan Agama Islam Di Indonesia

  
 Perkembangan Agama Islam Di Indonesia, sama halnya dengan perkembangan agama-agama lain di indonesia, yaitu tidak mempunyai bukti-bukti yang otentik atau nyata  tentang kapan awal terjadinya, siapa yang menyebarkan Islam pertama kali, dan lain lain.


       Menurut beberapa sejarawan, agama Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang muslim. Meskipun begitu, belum diketahui secara pasti sejak kapan Islam masuk ke Indonesia karena para ahli masih berbeda pendapat mengenai hal tersebut.

 
      Proses masuknya islam ke Indonesia dilakukan secara damai dengan cara menyesuaikan diri dengan adat istiadat penduduk lokal yang telah lebih dulu ada. Ajaran-ajaran Islam yang mengajarkan persamaan derajat, tidak membeda-bedakan si miskin dan si kaya, si kuat dan si lemah, rakyat kecil dan penguasa, tidak adanya sistem kasta dan menganggap semua orang sama kedudukannya dihadapan Allah telah membuat agama Islam perlahan-lahan mulai memeluk agama Islam.

Proses masuknya Islam ke Indonesia dilakukan secara damai dan dilakukan dengan cara- cara sebagai berikut.


~~ Melalui Proses Perdagangan
    Pada proses ini, para pedagang muslim banyak yang tinggal dan mendirikan perkampungan Islam di Indonesia.Para pedagang ini tak jarang mengundang para ulama dan mubaligh dari negeri asal mereka ke Indonesia.Para ulama dan mubaligh yang datang atas undangan para pedagang inilah yang diduga memiliki salah satu peran penting dalam penyabaran Islam di Indonesia.

~~ Melalui Proses Perkawinan
    Bagi masyarakat pribumi, para pedagang muslim dianggap sebagai kelangan yang terpandang. Hal ini menyebabkan banyak penguasa pribumi tertarik untuk menikahkan anak gadis mereka dengan para pedagang ini. Sebelum menikah, sang gadis akan menjadi muslim terlebih dahulu. Pernikahan secara muslim antara para saudagar muslim dengan penguasa lokal ini semakin memperlancar penyebaran Islam di Nusantara.

- Melalui Proses Pendidikan
    Pengajaran dan pendidikan Islam mulai dilakukan setelah masyarakat islam terbentuk. Pendidikan dilakukan di pesantren ataupun di pondok yang dibimbing oleh guru agama, ulama, ataupun kyai. Para santri yang telah lulus akan pulang ke kampung halamannya dan akan mendakwahkan Islam di kampung masing-masing.

- Melalui Proses Kesenian
    Wayang adalah salah satu sarana kesenian untuk menyebarkan islam kepada penduduk lokal. Sunan Kalijaga adalah salah satu tokoh terpandang yang mementaskan wayang untuk mengenalkan agama Islam. Cerita wayang yang dipentaskan biasanya dipetik dari kisah Mahabrata atau Ramayana yang kemudian disisipi dengan nilai-nilai Islam.




Sumber : Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia

Referensi : Wikipedia

3 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill seperti

    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id
    - www.baak.gunadarma.ac.id

    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    2. Maklumlah, Saya masih pemula dalam pembuatan blog..
      Untuk Pembuatan Tugas selanjutnya, Saya akan memasukkan Link Univ. Gunadarma.

      Makasih banyak atas Sarannya Kawan..
      ^_^

      Hapus

Dilarang menggunakan kalimat yang mengandung Sara, Kasar, Fitnah, Dll..
Dewasalah.