Sabtu, 20 Oktober 2012

Perkembangan budaya Hindu di Indonesia


     Salah satu agama tertua di Indonesia adalah agama Hindu. Nama Agama Hindu sendiri diberikan oleh bangsa Persia yang mengadakan komunikasi  dengan  penduduk  di  lembah  sungai  Sindhu dan ketika orang-orang Yunani mengadakan kontak dengan masyarakat di lembah sungai Sindhu mengucapkan Hindu dengan Indoi dan kemudian orang-orang Barat yang  datang kemudian menyebutnya dengan India.
     Perkembangan agama Hindu di Indonesia sudah dimulai sejak berabad abad lalu yang dibawa dari india dan tiongkok oleh seorang resi dari India, Maha Resi Agastya, dan Musafir Budha Pahyien dari Tiongkok. Bukti keberadaan agama Hindu di Indonesia pertama kali banyak ditemukan di Kerajaan Kutai. 
     Di Kerajaan ini, terdapat sedikitnya tujuh buah prasasti yang semuanya bertuliskan huruf pallawa.Huruf ini biasa digunakan oleh penduduk dari India bagian selatan. 
    Keinginan dan niat untuk berbagi Dharma ajaran agama Hindu seolah tidak mengenal jarak.Saat itu, Maha Resi Agastya dan musafir dari Tiongkok benar-benar keliling Indonesia. Dari Kalimantan Timur,ajaran itupun secara bersamaan dianut oleh sebuah kerajaan di Jawa Barat, yaitu Kerajaan Tarumanegara.Buktinya terlihat dari beberapa prasasti yang ditemukan. 

 
     Untuk sumber referensi saya, dan Info yang lebih lengkap, dapat anda lihat pada link berikut ini,
http://en.wikipedia.org/wiki/Hinduism_in_Indonesia 
http://www.anneahira.com/perkembangan-agama-hindu.htm 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang menggunakan kalimat yang mengandung Sara, Kasar, Fitnah, Dll..
Dewasalah.