Senin, 05 November 2012

Fungsi Keluarga

Orang Orang Terhebat diHidupku ^^
    
      Sekarang, Saya akan membahas tentang "Fungsi Keluarga" dalam kehidupan . Setiap orang, pasti mempunyai beberapa pendapat yang berbeda beda tentang penilaiannya terhadap keluarganya, itu semua tergantung dari seberapa dekat seseorang dengan keluarga. Saya pribadi merasakan peranan Keluarga sangat sangat besar.


Fungsi Utama keluarga menurut saya adalah,
    "Pembentuk Karakter"
      Pada dasarnya, yang paling berperanan dalam pembentukan karakter atau sifat seseorang itu adalah keluarga. Keluarga merupakan proses sosialisasi kita yang pertama. Karakter terbentuk dari, peranan orang tua dalam hal mendidik anaknya, dukungan spiritual yang diberikan, pemenuhan kebutuhan kasih sayang, pemenuhan kebutuhan materi, seperti sandang, pangan dan papan.

     Baik atau buruknya sifat seseorang dapat terlihat dalam kehidupan bermasyarakat sehari sehari. Banyak permasalah dalam individu yang sifatnya sangat kompleks. Dan disini , Fungsi keluarga pada umumnya sangat berperanan besar dalam penyelesaian masalah dan pendewasaan diri seorang individu.


     Fungsi keluarga menurut Friedman 1998 (dalam Setiawati & Santun, 2008) adalah :
  • Fungsi Afektif, adalah fungsi internal  keluarga sebagai dasar kekuatan keluarga. Didalamnya terkait dengan saling mengasihi, saling mendukung dan saling menghargai antar anggota keluarga.
  • Fungsi Sosialisasi,adalah fungsi yang mengembangkan proses interaksi dalam keluarga. Sosialisasi dimulai sejak lahir dan keluarga merupakan tempat individu untuk belajar bersosialisasi
  • Fungsi Reproduksi. adalah fungsi keluarga untuk meneruskan kelangsungan keturunan dan menambah sumber daya manusia.
  • Fungsi Ekomomi, adalah fungsi keluarga untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarganya yaitu : sandang, pangan dan papan.
  • Fungsi Perawatan Kesehatan, adalah fungsi keluarga untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan dan merawat anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan.

    Itulah sedikit fungsi keluarga yang dapat saya sampaikan. Lebih kurangnya, Mohon Maaf.
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang menggunakan kalimat yang mengandung Sara, Kasar, Fitnah, Dll..
Dewasalah.