Rabu, 28 November 2012

Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda

 

Secara definitif seseorang dianggap pemuda jika dari sisi usia adalah dalam bentangan usia 10-24 tahun. Di sisi lain, seseorang bisa saja dianggap muda jika yang bersangkutan memiliki semangat sebagaimana kaum muda. Bisa jadi usianya tua kira-kira 40 tahunan akan tetapi masih berjiwa muda.

 

 

Peran pemuda dalam sejarah negara dan bangsa Indonesia pertama kali dapat dilihat dari kebangkitan bangsa tahun 1908 atau tepatnya ketika berdiri Boedi Oetomo tanggal 20 Mei 1908. Melalui proses kebangkitan bangsa ini, maka para pemuda telah menggelorakan semangat agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tidak terserak-serak dalam arti wilayah, suku, ras, agama dan sebagainya akan tetapi telah memiliki kesadaran berorganisasi sebagai persyaratan untuk kebangkitan nasional. Mereka dikenal sebagai generasi 08.

 

Untuk mewujudkan pengembangan pendidikan dan ilmu penge­tahuan, diusahakan penambahan, fasilitas-fasilitas dengan prioritas yang tepat dan disesuaikan dengan kemampuan pembiayaan, baik yang bersumber dari Negara maupun dari masyarakat sendiri.

 

Pemerintah telah mengusahakan penanganan yang lebih mendasar terhadap masalah-masalah pendidikan sehingga dapat diberikan unsur-unsur yang cukup untuk meneruskan jiwa dan nilai-nilai 45 kepada generasi muda. Hal ini diusahakan antara lain dengan menggariskan serangkaian kebijaksanaan pokok sebagai berikut  : ­

  1. Perluasan dan pemerataan kesempatan belajar berhubung dengan laju pertambahan kelompok-kelompok usia anak didik dan lulusan yang berbakat yang mencari tempat di tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

  2. Pemeliharaan dan peningkatan mutu pendidikan pada semua tingkat dan jenis pendidikan.

  3. Pengembangan sistim pendidikan yang lebih serasi (relevan) de­ngan pembangunan,

  4. Pemantapan pendidikan di luar sistim sekolah (pendidikan non formal) dan usaha-usaha pembinaan generasi muda

  5. Pengembangan efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan sehingga dapat diandalkan untuk melaksanakan pembaharuan pendidikan.

     

          Sekian Info yang tak seberapa ini,, untuk lebih lengkapnya dapat anda simak pada link berikut ini : 

     

     Peran Pemuda Bagi Bangsanya
     *www.bappenas.go.id

1 komentar:

Dilarang menggunakan kalimat yang mengandung Sara, Kasar, Fitnah, Dll..
Dewasalah.